Cara Budidaya Ikan Cupang, Pasti Menguntungkan!

Dengan popularitas ikan cupang yang kian melambung, tentu budidaya ikan cupang menjadi ladang bisnis yang menguntungkan. Cara yang mudah dan modal minimalis, siapa yang tak ingin menjajal budidaya ikan yang satu ini? apabila ingin menjajal bisnis ini, kamu bisa mengikuti cara budidaya ikan cupang paling lengkap di bawah ini!

Langkah-langkah Budidaya Ikan Cupang

Agar kamu bisa menghasilkan ikan cupang yang berkualitas dan melimpah, kamu bisa mengikuti beberapa step budidaya di bawah ini.

  1. Pilih Indukan dan Pejantan

Agar tidak menyia-nyiakan waktu, kamu harus memilih indukan yang siap kawin. Untuk indukan yang siap kawin ciri-cirinya antara lain warna tubuh kusam, bentuk badan bulat, perut buncit, gerakan melambat, dan telah berumur 3-4 bulan.

Sedangkan untuk pejantan yang siap kawin memiliki beberapa tanda. Antara lain warna tubuh terang mencolok, gerakan agresif dan lincah, bentuk badan panjang, dan telah berumur 4-8 bulan.

  1. Proses Pemijahan

Untuk proses pemijahan, kamu harus menyiapkan wadah berukuran 20 x 20 x 20 cm yang diisi air dengan kedalaman 10-15 cm. Sebelum digunakan, pastikan kamu telah mengendapkan air tersebut selama 24 jam terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan tanaman air sebagai tempat anakan ikan cupang berlindung. Tanaman yang direkomendasikan adalah daun ketapang.

Untuk adapatasi, kamu bisa memasukan cupang jantan terlebih dahulu selama satu hari. dalam waktu tersebut, pejantan akan membuat gelembung sebagai sarang untuk telur-telur mereka. Setelah gelembung selesai dibuat, barulah kamu bisa memasukan betina ikan cupang.

Dalam proses pemijahan ini, sebaiknya kamu menutup wadah agar kebisingan bisa diminimalisir. Jagalah kondusivitas ruangan pada jam 7-10 pagi atau 4-6 sore. Pasalnya di jam-jam tersebutlah pejantan dan indukan ikan cupang akan kawin.

  1. Angkat Betina

Berbeda dengan manusia di mana kewajiban merawat anak ada pada ibu, untuk cupang ini yang merawat telur-telur mereka adalah pejantan. Setelah telur dikeluarkan, biasanya indukan betina akan memakan telur tersebut. Untuk itu, kamu harus segera mengeluarkan indukan dari tempat pemijahan.

Dalam waktu 3-4 hari, telur-telur tersebut akan menetas dan anakan ikan cupang akan berenang ke permukaan. Kini tugas merawat anakan ikan cupang berada di tangan kamu. pastikan kamu memberikan pakan yang cukup agar pertumbuhan anakan ikan cupang bisa maksimal.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai step-step dalam budidaya ikan cupang. Dengan mengikuti step di atas secara runtut, bisa dipastikan kamu bisa meraup keuntungan melimpah.