Cara Menghilangkan Virus di HP Paling Ampuh

 

Selain pada perangkat PC dan laptop. Hp juga tidak bebas dari program program jahat seperti virus dan malware. Jika dibiarkan, virus bisa merusak program program hp. Maka dari itu perlu diatasi.

Nah pada artikel ini akan dijelaskan cara bersihkan virus di hp khususnya hp android. Sebagaimana diketahui, jumlah pengguna hp android kini makin meningkat. Sejalan dengan hal tersebut risiko terkena virus pun makin tinggi.

Banyak oknum tak bertanggung jawab menginfiltrasi file jahat ke dalam aplikasi di hp android yang sifatnya merusak atau mengancam sistem keamanan hp. Seperti misalnya program program jahat berupa malware atau malicious software. Ini merupakan perangkat lunak jahat menyusup ke sistem dan merusak hp. Selain itu, juga terdapat virus virus berbahaya yang juga berpotensi merusak hp.

Cara Bersihkan Virus di Hp

Untuk Cara Menghilangkan Virus di HP sebaiknya pengguna menerapkan hal hal seperti memasang antivirus di hp. Saat ini banyak sekali aplikasi antivirus yang bisa digunakan untuk cegah masuknya virus ke hp. Bagi pengguna android, bisa mendownload antivirus ini di google play store. Disana tersedia banyak jenis antivirus.

Ada yang berbayar namun tidak sedikit juga yang gratisan yang kinerjanya mumpuni. Untuk mendapatkanya, silahkan buka aplikasi google playstore di hp. Lalu ketikan antivirus. Silakan pilih yang menurut anda cocok.

Selain menggunakan aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Sebenarnya pada banyak hp android sudah disediakan antivirus bawaan. Jadi tak perlu mendownload. Pengguna hanya perlu mengupdate dan memeriksa kondisi hp di fitur antivirus bawaan agar begitu ditemukan hal mencurigakan anda bisa segera mengatasinya.

Namun jika fitur antivirus bawaan kurang maksimal. Tidak ada salahnya mengunduh aplikasi antivirus. Usahakan yang pro, dan tak terlalu memakan banyak memori hp sehingga tidak mengganggu kinerja hp.

Selain virus, anda sebagai pengguna hp android juga perlu mewaspadai adanya bentuk program jahat lainya seperti malware yang sekilas sudah disebutkan diatas. Jika anda sudah menginstal aplikasi antivirus, sebenarnya ini juga bisa digunakan untuk mengatasi malware.

Tapi, jika sudah terlanjur menginstal aplikasi mengandung malware, apakah bisa menghapusnya? Tentu saja bisa dengan beberapa langkah berikut ini.

Cara Bersihkan Malware di Hp

Matikan perangkat Android yang terinfeksi

Jika memang sudah hp anda disusupi malware. Langkah yang harus dilakukan adalah mematikan hp anda. Mematikan hp akan memperlambat gerak malware.

Saat hp anda dimatikan, cobalah ingat aplikasi yang kira kira mencurigakan membawa malware. Aplikasi ini biasanya tak ada di google playstore, keamananya memang rentan.

Masuk ke dalam Mode Aman (Safe Mode)

Langkah lainya untuk bersihkan malware adalah dengan masuk ke mode aman atau safe mode. Sejumlah ponsel android menyediakan fitur ini. Ini safe mode bisa diakses saat hp mati. Ada pilihan safe mode muncul saat tombol power ditekan.

Lewat mode aman ini, perangkat akan membatasi koneksi yang ada sehingga pergerakan malware juga akan lebih terbatas. Jika perangkat yang Anda miliki tak mempunya mode ini, maka cara paling praktis yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan airplane mode.

Cari Aplikasi yang Membawa Malware

Kemudian, cari aplikasi terindikasi malware setelah anda masuk safe mode. Caranya gampang. Tinggal masuk menu settings lalu pilih apps. Selanjutnya anda akan melihat aplikasi aplikasi yang sudah diinstal di hp anda. Lalu pilih aplikasi mencurigakan lalu tekan force close, dan uninstal

 Hapus aplikasi lain yang Anda curigai

Jika ada aplikasi tak dikenal ada di hp anda. Sebaiknya segera hapus karena bisa saja membawa malware. Namun bila malware ini mengunci aplikasi sehingga tak bisa dihapus. Maka cara yang dilakukan adalah¬† masuk ke menu setting lalu pilih “lock screen and security”. Kemudian pilih “other security settings” dan pilih “phone administrator”.